Makanan Ibu Menyusui yang Dilarang / Dikurangi Demi Kesehatan Bayi Kandungan Anda

Apa? Jadi ibu menyusui punya makanan yang enggak boleh dikonsumsi juga? Benar Bunda, penderitaan ibu belum berakhir setelah melahirkan lho, ibu hamil juga punya makanan yang perlu untuk dihindari. Waah sayang sekali bagaimana jadinya kalau makanan itu adalah makanan yang disukai? Tenang ya Bunda.

Walaupun ibu hamil juga membutuhkan banyak nutrisi, karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu akan dikonsumsi juga oleh buah hatinya. Namun pasti juga ada makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui karena berdampak buruk. Lalu apa saja larangan makanan untuk ibu menyusui?

makanan untuk menyusui

  1. Ibu menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi bawang putih berlebihan. Konsumsi bawang putih dalam jumlah yang berlebihan akan membuat rasa ASI seperti aroma bawang putih. Orang dewasa saja, tekadang tidak suka dengan bau bawang putih. Apalagi si kecil yang baru lahir ya Bun. Konsumsi bawang putih yang berlebihan mengakibatkan si kecil akan merasa mual terhadap rasa susunya sehingga dia tidak mau lagi menyusui.
  2. Ibu Menyusui Dilarang Mengonsumsi Kafein. Meminum minuman yang berkafein secara berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan. Terlebih lagi jika bunda sedang menyusui, sebaiknya hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa membuat bayi menjadi rewel dan susah tidur. Minuman berkafein tidak hanya pada minuman kopi saja lho Bun, tapi juga teh dan minuman bersoda. Jadi hati-hati ya.
  3. Hati-hati bagi yang suka pedas, karena ibu menyusui sebaiknya menghindari makanan pedas. Makanan pedas merupakan salah satu makanan yang juga harus dihindari oleh ibu yang menyusui. Jika mengkonsumsi makanan pedas saat masih menyusui maka bayi akan sering rewel karena makanan pedas yang bunda konsumsi akan membuat perutnya menjadi tidak nyaman.
  4. Hindari konsumsi papermint. Mengkonsumsi makanan yang mengandung pepermint dapat berpengaruh pada kualitas ASI ibu. Karena pepermint akan mempengaruhi produksi dan menghambat suplai ASI. Selain itu, Bayi juga akan sering menangis jika mengkonsumsi makanan yang mengandung pepermint.
  5. Orang Indonesia memang terbiasa dengan mengonsumsi beras putih, tapi tahukah Bunda? Ternyata sebaiknya konsumsi karbohidrat dari beras putih dikurangi, dan ganti dengan karbohidrat kompleks yang terdapat pada beras merah. Beras merah sangat baik dibanding dengan beras putih yang biasa kita makan, tidak harus mengganti nasi yang biasa kita makan tentunya, tetapi mengurangi karbohidrat yang bayak terdapat pada nasi.

Nah, di atas adalah makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui. Jangan ragu untuk mengurangi walaupun makanan itu makanan yang paling disukai. Pasti tidak ingin kan, si kecil punya masalah pencernaan? Seorang ibu pasti melakukan yang terbaik untuk anaknya kan? Sabar ya bun…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *